Minggu, 10 Mei 2009

MUSRENBANG "Action In" BONGOMEME

Dalam pembukaan musrenbang tingkat Kecamatan Bongomeme, Asisten Pemerinta han, Harun Noho mengatakan bahwa kegiatan musrenbang ini telah diawali dengan musrenbang di tingkat Desa yang jika kita cermati bersama merupakan usulan yang dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di masing – masing Desa. Untuk itu, Pemerintah Daerah sangat memahami kondisi ini dan besar harapan agar seluruh usulan ini dapat terakomodir dalam tahapan – tahapan musrenbang tingkat selanjutnya. Hal ini disampaikan karena pada dasarnya Pemerintah Daerah merupakan sekumpulan aparat Pemerintah yang pada dasarnya juga merupakan salah satu bagian dari masyarakat Desa ataupun Kecamatan itu sendiri.

Ini berarti bahwa Pemerintah Daerah sangat mendambakan realisasi dari setiap usulan yang ada. Namun tentunya harus dipahami bersama bahwa rumusan perencanaan pembangunan ini nantinya diperhadapkan dengan ketersediaan sumber daya yang akan digunakan untuk mewujud nyatakan rumusan pembangunan tersebut. Dengan mensinergikan antara usulan prioritas dengan ketersediaan sumber daya yang sangat terbatas maka di sinilah diperlukan kearifan kita bersama untuk pandai memilah – milah dan mendahulukan usulan yang benar – benar merupakan prioritas, dan dengan segenap kerelaan hati untuk dapat mempertimbangkan kembali setiap usulan yang belum merupakan prioritas untuk dilaksanakan di tahun 2010 yang akan datang.

Sekali lagi saya tekankan, bahwa konsep pembangunan kita adalah konsep pembangunan yang terarah, terfokus dan berkesinambungan. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan pembangunan tidak akan berhenti sampai dengan tahun 2010 saja, melainkan akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan tahun demi tahun sehingga secara bertahap diharapkan semua usulan dapat direalisasikan sesuai tuntutan dan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Gorontalo ini, lanjut Asisten Pemerintahan.

Musrenbang Kecamatan Bongomeme yang diikuti oleh Delegasi 19 Desa berlangsung alot dengan usulan yang disampaikan masih didominasi bidang Fisik dan Prasarana. Pada hasil akhir dalam babakan musrenbang Kecamatan Bongomeme disepakati usulan yang akan disampaikan pada Musrenbang Kabupaten nanti adalah untuk bidang Fispra terdapat 18 usulan dengan prioritas utama pada pengerasan jalan dan bidang Ekonomi terdapat 10 Usulan dengan prioritas pada pengadaan ternak sapi serta untuk bidang Sosial Budaya terdapat 6 usulan yang prioritas utama pada kegiatan pembangunan Mahayani.

Sumber : http://bappeda.gorontalokab.go.id